Judul
|
Pengaruh
Kepuasan Kerja, Profesionalisme, dan Penerapan Teknologi Informasi Terhadap
Kinerja Auditor
(Studi pada Kantor BPK RI Perwakilan
Provinsi Aceh)
|
Jurnal
|
Telaah dan Riset Akutansi
|
Volume & Halaman
|
Vol. 3. No.
2. Juli 2010 Hal. 195-205
|
Tahun
|
2010
|
Penulis
|
Ibnu
Gautama S
Muhammad
Arfan
|
Reviewer
|
Maria Ulfah (36414389)
|
Tanggal
|
19 November 2017
|
Tujuan Penelitian
|
Menganalisis serta mendapatkan bukti empiris
mengenai dampak serta besarnya pengaruh tingkat kepuasan kerja,
profesionalisme, dan penerapan teknologi informasi terhadap kinerja auditor.
|
Subjek Penelitian
|
Pihak-pihak auditor di kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Aceh yang
memiliki kompetensi dengan penelitian yang dilakukan.
|
Metode penelitian
|
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah
populasi seluruh auditor pada Kantor BPK-RI Perwakilan Provinsi Aceh
berjumlah sebanyak 94 orang dengan pertimbangan bahwa seluruh auditor BPK RI
Kantor Perwakilan Provinsi Aceh sudah pernah melaksanakan audit. Ukuran
sampel diperoleh 52 auditor. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
adalah stratified random sampling. Teknik ini diambil karena
populasinya berstrata. Selain menggunakan metode survey peneliti selanjutnya
dapat saja menggunakan metode penelitian lainnya seperti metode analisis
jalur (path analysis).
|
Alasan dilakukan penelitian ini
|
untuk menguji serta mengukur apakah a kepuasan
kerja, profesionalisme, dan penerapan teknologi informasi baik secara
simultan maupun parsial berpengaruh terhadap kinerja auditor pada Kantor BPK
RI Perwakilan Provinsi Aceh.
|
Variabel Dependen
|
Variabel dependen dari penelitian
ini adalah auditor dituntut untuk dapat melakukan pemeriksaan
sesuai dengan ketentuan dan standar audit yang berlaku.
|
Variabel Independen
|
Variabel independen
dari penelitian ini adalah sulitnya peningkatan
kepuasan kerja bagi auditor berkaitan dengan pemenuhan harapan kerja dalam
melakukan pemeriksaan. Banyaknya pemeriksaan yang dilakukan (overload)
dan risiko yang dihadapi auditor dalam melakukan audit, mejadikan seorang
auditor sukar untuk dapat mencapai tingkat kepuasan kerja. Seorang auditor
yang mempunyai tingkat kepuasan kerja tinggi akan menunjukkan kinerjanya
dengan baik pula.
|
Hasil penelitian
|
Dari hasil pengujian hipotesis melalui uji F dinyataka
hasil hipotesis diterima bahwa kepuasan kerja, profesionalisme, dan
penerapan teknologi informasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap
kinerja auditor. Selain itu hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam
peningkatan kinerja auditor dibutuhkan peningkatan kepuasan kerja,
profesionalisme, dan penerapan teknologi informasi secara bersamaan. Semakin
tinggi tingkat kepuasan kerja, profesionalisme, dan penerapan teknologi informasi
maka akan semakin baik pula kinerja yang dihasilkan oleh auditor dalam
menjalankan tugas pemeriksaan.
|
Kelebihan
|
Adanya hubungan yang signifikan antara kepuasan
kerja, profesionalisme dan penerapan teknologi informasi secara simultan
berpengaruh signifikan terhadap kinerja auditor pada Kantor BPK RI Perwakilan
Provinsi Aceh. Selaian itu kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap
kinerja auditor pada Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Aceh. Serta profesionalisme
berpengaruh signifikan terhadap kinerja auditor pada Kantor BPK RI Perwakilan
Provinsi Aceh. Pentingnya penerapan teknologi informasi berpengaruh
signifikan terhadap kinerja auditor pada Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi
Aceh.
|
Kekurangan
|
Kekurangan penelitian ini adalah salah satu teknik
pengumpulan data dilakukan menggunakan sampel sehingga hasil
penelitian hanya tidak mencerminkan mengenai kondisi auditor di BPK RI
Perwakilan Provinsi Aceh secara keseluruhan.
|
Senin, 20 November 2017
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar